Penyebab Benjolan Payudara


Menemukan benjolan payudara bisa jadi mimpi buruk bagi semua orang terutama wanita. Tetapi sebelum cepat-cepat mengambil keputusan, anda harus mengetahui bahwa tidak semua benjolan payudara merupakan kanker payudara. Terkadang benjolan diarea payudara cenderung sakit saat disentuh sendiri bisa juga payudara saat disentuh tidak sakit.

Jika anda ingin menghindari kondisi ini, maka ada baiknya untuk mengenal jaringan payudara. Saat anda menemukan benjolan pada payudara anda maka perhatikan beberapa cir benjolan pada kelainan payudara di bawah ini.

Kelainan fibrokistik
Merupakan perubahan pada payudara karena ketidak stabilan hormon selama siklus menstruasi. Perubahan tersebut menimbulkan benjolan di payudara yang terasa nyeri.

Kista
Merupakan kantong berisi cairan dalam jaringan payudara, sehingga dapat menimbulkan benjolan. Adanya kista biasanya terdeteksi ketika ukurannya sudah membesar atau di sebut kista makro dimana ukurannya mencapai 2,5-5 cm. Umumnya kista dialami oleh perempuan yang sudah berumur 35-50 tahun.

Infeksi bakteri
Terdapat benjolan yang terasa nyeri kondisi ini dapat dijumpai pada ibu menyusui. Infeksi terjadi ketika bakteri dari permukaan kulit anda atau dari mulut bayi masuk ke saluran susu melalui puting.

Fibroadenoma
Merupakan benjolan padat yang terjadi akibat kelebihan pembentukan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan jaringan di sekitar payudara. Benjolan tidak merasakan sakit dan jika di tekan akan bergeser. Kondisi ini umumnya dialami wanita berusia 20-30 tahun. Penyebab fibroadenoma belum diketahui secara pasti, tetapi terkait dengan hormon kesuburan.

Gumpalan darah
Pembekuan darah yang terjadi di dalam pembuluh drah yang terdapat di bawah kulit akan menimbulkan goresan yang menonjol, mirip dengan benjolan akibat hal lain yang kami sebutkan diatas. Benjolan yang terjadi akibat gumpalan darah sendiri umumnya terasa sakit ketika di raba atau di tekan.

0 Response to "Penyebab Benjolan Payudara"

Post a Comment